Pengantar Teknologi Game
Materi 1 : Teknologi Game, Bisnis dalam
Game Komputer, 3D Engine dan Scene Graph
Pengertian
Teknologi Game
Teknologi
: Teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang
diperlukan bagi kelangsungan, dan kenyamanan hidup manusia.
Game : permainan yang
menggunakan interaksi dengan antarmuka pengguna melalui gambar yang dihasilkan
oleh piranti video.
Contoh teknologi game terbaru
yaitu : Oculus Rift.
Bisnis dalam Game Komputer
Semakin
berkembangnya zaman, para development game berlomba-lomba membuat game yang
menarik untuk dimainkan para gamer sehingga membuat game mereka terkenal.
Beberapa game yang dibuat oleh development game membuat game mereka secara
berbayar dimana gamer membutuhkan key/license untuk memaikan game tersebut.
Contoh game yang telah masuk kedalam dunia bisnis adalah CSGO (Counter Strike:
Global Offensive) yang dikembangkan oleh Valve Corporation dan Hidden Path
Entertainment. Untuk memainkan game CSGO kita harus membeli license game
tersebut sebesar Rp.115.999,- yang dapat dibeli di Steam Store.
3D Engine dan Scene Graph
Game Engine : Beberapa
mesin permainan hanya menyediakan real-time 3D kemampuan bukan berbagai fungsi
yang dibutuhkan oleh game rendering.
Scene Graph : Sebuah adegan grafik adalah struktur data umum yang biasa digunakan oleh aplikasi grafis editing berbasis vektor dan permainan komputer modern, yang mengatur (tapi tidak selalu) representasi spasial logis dan sering dari adegan grafis.
Beberapa contoh aplikasi untuk membuat game 3D :
1.
Ogre (Object-Oriented Graphics Rendering Engine)
2.
Game Maker
3.
Unity 3D
Materi 2 : Disain Skenario, Script , dan Storyboard Game Komputer
Disain
Skenario
Desain Skenario terdiri dari dua
kata yaitu Desain dan Skenario dimana arti kata Disanin bisa diartikan sebagai
sebuah rancangan dari apa yang akan dibuat dan Skenario yang dapat diartikan
sebagai penyampaian cerita atau gagasan. Sehingga dapat kita artikan Disain
Skenario adalah sebuah rancangan yang mewakili sebuah cerita/gagasan/alur dalam
suatu game.
Skrip
Skrip
Skrip merupakan bahasa
pemrograman yang menyediakan fasilitas penerjemahan serta kompilasi kode dalam
satu rangkaian proses secara integratif sehingga memungkinkan kode dibuat dapat
langsung dijalankan sebagai program secara dinamis.
StoryboardGame
Storyboard adalah sketsa gambar yang disusun berurutan sesuai dengan naskah, dengan storyboard kita dapat menyampaikan ide cerita kita kepada orang lain dengan lebih mudah, karena kita dapat menggiring khayalan seseorang mengikuti gambar-gambar yang tersaji, sehingga menghasilkan persepsi yang sama pada ide cerita kita.
Materi 3 : Artificial Intelligent pada
Game
Definisi Kecerdasan Buatan
“ Kecerdasan buatan (artificial intelligence) merupakan kawasan penelitian,
aplikasi dan instruksi yang terkait dengan pemrograman komputer untuk melakukan
sesuatu hal yang -dalam pandangan manusia adalah- cerdas” (H. A. Simon [1987] )
“Kecerdasan Buatan (AI) merupakan sebuah studi tentang bagaimana membuat
komputer melakukan hal-hal yang pada saat ini dapat dilakukan lebih baik oleh
manusia.” (Rich and Knight [1991])
“Kecerdasan Buatan (AI) merupakan cabang dari ilmu komputer yang dalam
merepresentasi pengetahuan lebih banyak menggunakan bentuk simbol-simbol
daripada bilangan, dan memproses informasi berdasarkan metode heuristic atau
dengan berdasarkan sejumlah aturan” (Encyclopedia Britannica)
Tujuan Kecerdasan Buatan :
1.
Membuat
komputer lebih cerdas
2.
Membuat
mesin lebih berguna
Materi 4 : Arsitektur Game Engine
Game engine adalah perangkat lunak yang dirancang untuk
membuat dan mengembangkan video game. Fungsi utama yang diberikan oleh game
engine meliputi rendering untuk 2D atau 3D graphic, collision detection, sound,
scripting, animasi, artificial intelligence, networking, memory management,
threading dan scene graph. Game engines memberikan perangkat untuk visual
development dengan tambahan komponen perangkat lunak yang dapat dipakai
berulang kali.
Beberapa elemen yang ada di dalam game engine adalah :
a. Tools/Data
b. System
c. Console
d. Support
e. Renderer/Engine
Core
f. Game
Interface
g. The Game
Ada 3 tipe game engine
yang ada saat ini, diantaranya :
1. Roll-your-own game engine
Biasanya game
engine tipe ini lebih disukai karena selain kemungkinan besar diberikan secara
gratis, juga memperbolehkan mereka (para developer) lebih fleksibel dalam
mengintegrasikan komponen yang diinginkan untuk dibentuk sebagai game engine
mereka sendiri.
2. Mostly-ready game engines
Game engine semacam ini memiliki beberapa batasan, terutama jika
dibandingkan dengan game engine sebelumnya yang benar-benar terbuka lebar. Hal
ini ditujukan agar tidak terjadi banyak error yang mungkin terjadi setelah
sebuah game yang menggunakan engine ini dirilis dan masih memungkinkan game
engine-nya tersebut untuk mengoptimalkan kinerja game-nya.
3. Point-and-click engines
3. Point-and-click engines
Engine ini
merupakan engine yang sangat dibatasi, tapi dibuat dengan sangat user friendly.
Anda bahkan bisa mulai membuat game sendiri menggunakan engine seperti
GameMaker, Torque Game Builder dan Unity3D. Game engine ini memang ditujukan
bagi developer yang ingin menyingkat waktu pemrogramman dan merilis game-game
mereka secepatnya.
Materi
5 : Interaksi Fisik dalam teknologi Game
Interaksi fisik dalam teknologi game merupakan perangkat gerak yang melibatkan aktivitas fisik sehingga permainan game dapat sekaligus melatih otot dan gerak selayaknya berolahraga , seperti halnya yang disediakan oleh konsol Nintendi Wii , PS3 Move, Xbox Kinect.Game – game yang melibatkan aktivitas fisik mengharuskan untuk menggerakkan tangan dan anggota tubuh .
Efek positif dalam game :
1. Permainan game online
akan melatih pemainnya untuk dapat memenangkan permainan dengan cepat, efisien
dan menghasilkan lebih banyak poin.
2. Kemampuan konsentrasi
pemain game online akan meningkat karena mereka harus menyelesaikan beberapa
tugas, mecari celah yang mungkin bisa dilewati dan memonitor jalannya
permainan.
3. Meningkatkan koordinasi
tangan dan mata. Penelitian yang dilakukan di Manchester University dan Central
Lanchashire University menyatakan bahwa orang yang bermain game 18 jam seminggu
atau sekita dua setengah jam perhari dapat meningkatkan koordinasi antara mata
dan tangan
4. Meningkatkan kemampuan
membaca. Psikolog dari Finland Univesity menyatakan bahwa game meningkatkan
kemampuan membaca pada anak-anak. Jadi pendapat yang menyatakan bahwa jenis
permainan ini menurunkan tingkat minat baca anak sangat tidak beralasan.
5. Meningkatkan kemampuan
berbahasa inggris. Sebuah studi menemukan bahwa gamers mempunyai skil berbahasa
inggris yang lebih baik meskipun tidak mengambil kursus pada masa sekolah
maupun kuliah. Ini karena banyak alur cerita yang diceritakan dalam bahasa
inggris dan kadang kala mereka chat dengan pemain lain dari berbagai negara.
6. Meningkatkan pengetahuan
tentang komputer. Untuk dapat menikmati permainan dengan nyaman dan kualitas
gambar yang prima seorang peman game online akan berusaha mencari informasi
tentang spesifikasi komputer dan koneksi internet yang dapat digunakan untuk
memainkan game tersebut.
7. Kemampuan mengetik sudah
pasti meningkat karena mereka menggunakan keyboard dan mouse untuk
mengendalikan permainan.
Efek negatif dalam game :
1. Kecanduan.
2. Membatasi Hubungan
Sosial.
3. Mengganggu Kesehatan. Bermain
game yang terlalu intensif dapat mengganggu kesehatan mata, karena bagaimana
pun juga permainan video game memerlukan kontak langsung antara mata dan layar
monitor / TV yang dapat menyebabkan kerusakan pada mata atau menurunnya daya
lihat untuk efek kedepannya.
Materi 6 : User Interface pada Game
Komputer
Antarmuka (Interface) merupakan mekanisme komunikasi antara pengguna (user)
dengan sistem. Antarmuka (Interface) dapat menerima informasi dari pengguna
(user) dan memberikan informasi kepada pengguna (user) untuk membantu mengarahkan
alur penelusuran masalah sampai ditemukan suatu solusi. Antarmuka
(Interface) berfungsi untuk menginput pengetahuan baru ke dalam basis
pengetahuan sistem pakar (ES), menampilkan penjelasan sistem dan memberikan
panduan pemakaian sistem secara berurutan sehingga pengguna mengerti apa
yang akan dilakukan terhadap suatu sistem.
Desain user interface
dalam game berbeda dari desain UI lainnya karena melibatkan unsur tambahan
fiksi. Fiksi melibatkan avatar dari pengguna yang sebenarnya, atau player.
Sebuah Desain Antarmuka (Interface) pada suatu Game mempengaruhi kenyamanan dan
sejauh mana user/pengguna meminati Game tersebut.
Dalam desain antarmuka game terdapat beberapa elemen :
1. Diagetic : Yang
dimaksudkan pada antarmuka diagetic ini segala sesuatu yang terlihat terkecuali
elemen-elemen non-diegetic seperti HUD, Kursor mouse, Informasi dari
Komputer,dll
2. Non-diegetic:
Desain Antarmuka yang diberikan sebagai tambahan di luar dunia game itu
sendiri, hanya terlihat dan terdengar ke pemain di dunia nyata. Sehingga
seakan-akan karakter dalam dunia game tidak melihatnya.
3. Spatial: Elemen User
Interface yang disajikan dalam ruang permainan 3D dengan atau tanpa suatu
entitas dari dunia permainan yang sebenarnya (diegetik atau non-diegetik).
4. Meta: Gambaran yang bisa
muncul dalam dunia game, namun tidak selalu divisualisasikan spasial untuk
pemain.Contoh yang paling jelas adalah efek ditampilkan di layar, seperti
percikan darah pada kamera untuk menunjukkan kerusakan.
Materi 7 : Penampilan Grafik Scene Game
Komputer
Visibility
Pengertian Visibility merupakan tampilan grafik scene game pada komputer.
Bagaimana sebuah game terlihat oleh user agar menarik dan berkualitas sehingga
user menikmati game tersebut.
Game bertipe ini menggunakan 2 macam tipe pemodelan:
1. 3D (3 Dimensi)
object/model
2. 2D (2 Dimensi) graphic
Level of Detail
Dalam grafik komputer, akuntansi untuk Tingkat detail melibatkan penurunan
kompleksitas representasi objek 3D ketika bergerak menjauh dari penampil atau
sesuai dengan metrik lainnya seperti objek penting, kecepatan sudut
pandang-relatif atau posisi. Tingkat detail teknik meningkatkan efisiensi
render dengan mengurangi beban kerja pada tahap pipa grafis, biasanya
transformasi vertex. Kualitas visual yang berkurang dari model sering tanpa
disadari karena efek kecil pada penampilan objek ketika jauh atau bergerak
cepat.
Materi 8 : Game Berjaringan
Game Berjaring terdiri dari dua kata adalah Game dan Jaringan. Game merupakan
permainan yang menggunakan media elektronik, merupakan sebuah hiburan berbentuk
multimedia yang di buat semenarik mungkin agar pemain bisa mendapatkan sesuatu
sehingga adanya kepuasaan batin dari psikologis seseorang.
Jaringan dalam pengertian umumnya adalah kumpulan sistem yang terdiri dari
beberapa perangkat yang saling terhubung untuk mendapatkan hasil tujuan yang
sama. Dapat dikatakan si perangkat-perangkat ini dihubungkan agar dapat
terkoneksi satu sama lain.
Dari bahasan pengertian dari GAME dan JARINGAN, dapat dikatakan bahwa Game
Berjaringan adalah suatu permainan dengan media elektronik yang dimainkan
dengan cara terhubung dengan user lain dengan memanfaatkan sebuah alat
penghubung jaringan agar dapat bermain game secara bersamaan dengan user lain
yang berbeda tempat, waktu, hingga kondisi dengan bantuan jaringan yang dapat
menghubungkan atau mengkoneksikan antar perangkat, entah itu device komputer
atau perangkat lain untuk dapat bermain game. Banyak contoh dari Game
Berjaringan salah satunya yaitu adalah Dota.
Materi 9 : Pembuatan Game Komputer
Dengan Menerapkan Konsep Artifial Intelligent Pada Sebuah Game Engine
Kecerdasan Buatan atau kecerdasan yang ditambahkan kepada suatu sistem yang
bisa diatur dalam konteks ilmiah atauIntelegensi Artifisial (Artificial
Intelligence atau hanya disingkat AI) didefinisikan sebagai kecerdasan entitas
ilmiah. Sistem seperti ini umumnya dianggap komputer. Kecerdasan diciptakan dan
dimasukkan ke dalam suatu mesin komputer agar dapat melakukan pekerjaan seperti
yang dapat dilakukan manusia. Beberapa macam bidang yang menggunakan kecerdasan
buatan antara lain sistem pakar, permainan komputer (games), logika fuzzy,
jaringan syaraf tiruan dan robotika.
Contoh media interaksi ialah:
1.
Penglihatan
(vision)
2.
Suara
(voice)
3.
Ucapan
(speech)
4.
Gerakan
anggota badan ( gesture)
Referensi/Sumber :
https://id.wikipedia.org
http://catatan-mashuri.blogspot.co.id/2012/03/pengertian-game-maker.html
http://moekyuun.blogspot.co.id/2015/04/story-board-game-komputer.html
http://informatika.web.id/category/kecerdasan-buatan/
http://komputer123456.blogspot.co.id/2015/04/arsitektur-game-engine.html
https://cyberxskynet.wordpress.com/2015/04/24/interaksi-fisik-dalam-teknologi-game/
https://marshaclick.wordpress.com/2015/04/18/interaksi-fisik-dalam-teknologi-game/
https://marshaclick.wordpress.com/2015/04/18/interaksi-fisik-dalam-teknologi-game/
http://hendrawansaputra1994.blogspot.co.id/2015/04/user-interface-pada-game.html
http://eituzed.blogspot.co.id/2015/04/penampilan-grafik-scene-game-komputer.html
http://eituzed.blogspot.co.id/2015/04/penampilan-grafik-scene-game-komputer.html
https://ouroddworld.wordpress.com/2015/04/22/game-berjaringan/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar