Definisi SEO (Search Engine Optimization)
Definisi
SEO (Search Engine
Optimization) adalah serangkaian proses sistematis untuk meningkatkan volume
atau kualitas kunjungan melalui mesin pencari menuju situs tertentu dengan
memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari.
Sumber : Tohirudin,
Muhammad., S.T. 2012. Membuat Situs Top
Search Mahir SEO untuk Pemula, https://books.google.com/books?isbn=6029173189
. Kanaya Press : Jakarta.
Tujuan Dasar SEO
Tujuan Dasar SEO terkait
dengan posisi atau peringkat/ranking yaitu meningkatkan posisi/ranking/peringkat situs web atau
halaman web Anda di halaman hasil pencarian mesin pencari
(SERP). Mohon diingat bahwa tujuan dasar ini diturunkan dari definisi apa itu
SEO di Wikipedia bahasa Inggris.
Pencapaian ranking terbaik
diupayakan dengan jalan membuat isi situs web dan halaman-halaman web yang
relevan, unik, dan berkualitas serta dengan meningkatkan popularitas situs dan
halaman-halaman web Anda dengan cara mendapatkan rekomendasi berupa tautan
(link) yang berkualitas juga dari situs-situs web luar yang relavan, unik namun
dalam bidang yang sama (relevan) dengan situs web Anda, berasal dari halaman
yang kontekstual, dan berkualitas.
Sejarah SEO
Menurut Danny Sullivan, istilah search engine optimization
pertama kali digunakan pada 26 Juli tahun 1997 oleh sebuah pesan spam yang
diposting di Usenet. Pada masa itu algoritma mesin pencari belum terlalu
kompleks sehingga mudah dimanipulasi.
Versi awal algoritma pencarian didasarkan sepenuhnya
pada informasi yang disediakan oleh webmaster melalui meta tag pada kode html
situs web mereka. Meta tag menyediakan informasi tentang konten yang terkandung
pada suatu halaman web dengan serangkaian kata kunci (keyword).
Biasanya, sebagian webmaster
memanipulasi meta tag dengan
menuliskan kata kunci yang tidak sesuai dengan konten situs sehingga mesin
pencari akan salah menempatkan atau memberi peringkat situs tersebut. Hal itu
menyebabkan hasil pencarian tidak akurat dan merugikan para pengguna internet.
Melihat hal itu, kedua mahasiswa jurusan ilmu komputer
dari Universitas Stanford, Larry Page dan Sergey Brin, membangun Backrub, yaitu
mesin pencari sederhana yang mengandalkan perhitungan algoritma. Sementara itu, algoritma yang diberi nama PageRank itu
merupakan fungsi matematika kompleks , berupa kombinasi antara perhitungan
jumlah link yang mengarah pada suatu
situs dan analisis kualitas pada masing-masing link tersebut.
Secara umum, fungsi kerja PageRank adalah sebuah situs
yang memberikan peringkat karena banyaknya situs tersebut di-link oleh situs lainnya. Tahun 1998,
barulah Larry Page dan Sergey Brin mendirikan Google, yaitu mesin pencari versi
lanjutan Backrub. Sementara itu, PageRank menjadi standard bagi mesin pencari
lain atau webmaster yang berusaha
agar situsnya memperoleh nilai PageRank tinggi dan memperoleh posisi tertinggi
pada hasil pencarian.
Contoh SEO
Terdapat
sebuah artikel di website yaitu “cara membuat jaringan warnet”, kemudian optimasi
halaman artikel tersebut dengan teknik SEO dan dengan mentarget kata kunci
“cara membuat jaringan warnet”, setelah dioptimasi dengan baik alhasil halaman
tersebut dapat ranking satu dengan kata kunci yang saya target tersebut.
Berikut ini pentingnya bagi pemilik Web, blog, atau toko online
untuk belajar SEO:
1. Mengetahui tip dan trik agar situs berada pada posisi teratas
atau halaman pertama hasil pencarian, khususnya Google
2. Dengan situs berada pada posisi teratas atau halaman pertama
maka situs Anda berpeluang untuk dikunjungi orang
Sumber : Tohirudin,
Muhammad., S.T. 2012. Membuat Situs Top
Search Mahir SEO untuk Pemula, https://books.google.com/books?isbn=6029173189
. Kanaya Press : Jakarta.
Hal-hal yang perlu
dipelajari untuk menguasai SEO
1.
Mengoptimasi halaman website
(On-Page SEO)
Tujuan dari On-Page SEO
: memudahkan pengunjung dalam melakukan eksplorasi sehingga pengunjung merasa
betah di dalamnya.
Ada beberapa faktor
yang mempengaruhi kepuasan pengguna website :
a. Konten
dengan kualitas terbaik
b. Keyword
yang popular dan tepat sasaran
c. Judul
halaman yang mengundang klik
d. URL yang
singkat dan deskriptif
e. Meta
description yang deskriptif dan mengundang klik
f. Gambar berkualitas tinggi
dan berukuran optimal
g. Outbound
link, referensi berupa link ke website lain
h. Internal
link, untuk mempermudah navigasi
i.
Social sharing
j. Kecepatan website
2.
Riset kata kunci (Keyword
research)
User melakukan
pencarian di mesin pencari menggunakan kata kunci atau keyword, dan
mesin akan memberikan hasil yang relevan dengan kata kunci tersebut.
3. Menganalisa
kompetisi
Untuk blog atau website
baru yang pondasi SEO-nya belum kuat, ada kalanya kita perlu mengincar kata
kunci yang kompetisinya rendah agar kita tetap bisa muncul di halaman pertama.
4. Membuat
konten yang teroptimasi
Content marketing
adalah usaha-usaha pemasaran yang dilakukan dengan cara menyediakan konten yang
bermanfaat untuk orang lain dengan tujuan agar mereka mengenal bisnis/usaha
anda.
5. Membangun popularitas,
link, dan reputasi (Off-Page SEO), adalah usaha-usaha optimasi mesin
pencari dari luar website.
Sebuah halaman website
yang SEO On Page nya sudah bagus perlu didukung dengan optimasi dari luar
website itu sendiri. Optimasi off page dilakukan dengan cara membangun links
(backlinks) dari situs lain menuju website yang dioptimasi. Beberapa jenis
links yang biasa dibangun untuk meningkatkan popularitas sebuah website di
internet antara lain:
·
Links dari media sosial
(Twitter, Facebook, Google+, Youtube, dan lain-lain)
·
Links dari web 2.0 properties
(Blogspot, WordPress, Weebly, dan lain-lain)
·
Links dari forum online
(Kaskus, Bersosial, Forum Detik, Forum Kompas, dan lain-lain)
Sumber : http://panduanim.com/seo/
Jenis Teknik SEO
Black Hat SEO
Black
Hat SEO adalah suatu teknik optimasi SEO yang kotor, yang apabila dipergunakan
akan mendapatkan hukuman yang fatal dari Google dan teknik black hat SEO ini
juga sangat dibenci oleh Google. Karena melanggar TOS Google dan merupakan
suatu teknik optimasi SEO yang curang, dan instan.
Dengan
menggunakan teknik black hat SEO tentunya web / blog akan lebih cepat dan
singkat mendapat posisi yang baik di Search Engine Result Page (SERP),
dibandingkan jika menggunakan white hat SEO yang memerlukan waktu yang agak
lama, tapi black hat SEO ini sangat beresiko. Jika kita menggunakan teknik
black hat SEO ini dan ketahuan, maka blog / web yang bersangkutan akan di
tendang oleh mesin pencari dari hasil pencarian. Akibatnya diantaranya adalah
penurunan trafik, pagerank, dan masuk kedalam penjara Google.
White Hat
White
Hat SEO adalah suatu teknik optimasi SEO yang bersih, teknik optimasi SEO yang
dianjurkan dan yang aman apabila digunakan.
Dengan
menggunakan teknik white hat SEO, perlahan tapi pasti blog kita akan
mendapatkan hasil yang memuaskan di hasil pencarian. Memang memerlukan waktu
yang agak lama, serta kesabaran untuk mendapatkan hasil yang memuaskan dengan
teknik white hat SEO ini namun cara inilah yang paling aman diabndingkan jika
kita menggunakan teknik black hat SEO yang cepat, instan namun sangat beresiko.
Kelebihan SEO
Kelebihan dari
SEO adalah pemilik website akan mendapatkan keuntungan tanpa mengeluarkan
biaya promosi untuk melakukan pemasangan iklan dan lain sebagainya dan
memerlukan biaya lebih murah.
Kekurangan SEO
Kekurangan
SEO adalah bahwa SEO tidak menjamin sebuah website bisa berada di posisi
terbaiknya sepanjang waktu. Website yang teroptimasi dengan SEO pasti akan
mengalami perubahan posisi yaitu turun peringkat atau bahkan hilang sama
sekali. Perubahan posisi terjadi di karenakan beberapa sebab seperti:
bertambahnya jumlah persaingan, perubahan algorithm dari search engine,
kesalahan dalam pengoptimasian dan faktor lainnya.
Sumber :
https://www.maxmanroe.com/apa-itu-seo-apa-manfaat-search-engine-optimization-bagi-sebuah-bisnis.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar