Jumat, 28 Oktober 2016

Definisi SEO (Search Engine Optimization)


Definisi
SEO (Search Engine Optimization) adalah serangkaian proses sistematis untuk meningkatkan volume atau kualitas kunjungan melalui mesin pencari menuju situs tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari.

Sumber : Tohirudin, Muhammad., S.T. 2012. Membuat Situs Top Search Mahir SEO untuk Pemulahttps://books.google.com/books?isbn=6029173189Kanaya Press : Jakarta.

Tujuan Dasar SEO



Tujuan Dasar SEO terkait dengan posisi atau peringkat/ranking yaitu meningkatkan posisi/ranking/peringkat situs web atau halaman web Anda di halaman hasil pencarian mesin pencari (SERP). Mohon diingat bahwa tujuan dasar ini diturunkan dari definisi apa itu SEO di Wikipedia bahasa Inggris.

Pencapaian ranking terbaik diupayakan dengan jalan membuat isi situs web dan halaman-halaman web yang relevan, unik, dan berkualitas serta dengan meningkatkan popularitas situs dan halaman-halaman web Anda dengan cara mendapatkan rekomendasi berupa tautan (link) yang berkualitas juga dari situs-situs web luar yang relavan, unik namun dalam bidang yang sama (relevan) dengan situs web Anda, berasal dari halaman yang kontekstual, dan berkualitas.
 
 Sejarah SEO
Menurut Danny Sullivan, istilah search engine optimization pertama kali digunakan pada 26 Juli tahun 1997 oleh sebuah pesan spam yang diposting di Usenet. Pada masa itu algoritma mesin pencari belum terlalu kompleks sehingga mudah dimanipulasi.
Versi awal algoritma pencarian didasarkan sepenuhnya pada informasi yang disediakan oleh webmaster melalui meta tag pada kode html situs web mereka. Meta tag menyediakan informasi tentang konten yang terkandung pada suatu halaman web dengan serangkaian kata kunci (keyword).
Biasanya, sebagian webmaster memanipulasi meta tag dengan menuliskan kata kunci yang tidak sesuai dengan konten situs sehingga mesin pencari akan salah menempatkan atau memberi peringkat situs tersebut. Hal itu menyebabkan hasil pencarian tidak akurat dan merugikan para pengguna internet.
Melihat hal itu, kedua mahasiswa jurusan ilmu komputer dari Universitas Stanford, Larry Page dan Sergey Brin, membangun Backrub, yaitu mesin pencari sederhana yang mengandalkan perhitungan algoritma. Sementara itu,  algoritma yang diberi nama PageRank itu merupakan fungsi matematika kompleks , berupa kombinasi antara perhitungan jumlah link yang mengarah pada suatu situs dan analisis kualitas pada masing-masing link tersebut.
Secara umum, fungsi kerja PageRank adalah sebuah situs yang memberikan peringkat karena banyaknya situs tersebut di-link oleh situs lainnya. Tahun 1998, barulah Larry Page dan Sergey Brin mendirikan Google, yaitu mesin pencari versi lanjutan Backrub. Sementara itu, PageRank menjadi standard bagi mesin pencari lain atau webmaster yang berusaha agar situsnya memperoleh nilai PageRank tinggi dan memperoleh posisi tertinggi pada hasil pencarian.
Contoh SEO
Terdapat sebuah artikel di website yaitu “cara membuat jaringan warnet”, kemudian optimasi halaman artikel tersebut dengan teknik SEO dan dengan mentarget kata kunci “cara membuat jaringan warnet”, setelah dioptimasi dengan baik alhasil halaman tersebut dapat ranking satu dengan kata kunci yang saya target tersebut.




Berikut ini pentingnya bagi pemilik Web, blog, atau toko online untuk belajar SEO:
1.    Mengetahui tip dan trik agar situs berada pada posisi teratas atau halaman pertama hasil pencarian, khususnya Google
2.   Dengan situs berada pada posisi teratas atau halaman pertama maka situs Anda berpeluang untuk dikunjungi orang



Sumber : Tohirudin, Muhammad., S.T. 2012. Membuat Situs Top Search Mahir SEO untuk Pemulahttps://books.google.com/books?isbn=6029173189Kanaya Press : Jakarta.
Hal-hal yang perlu dipelajari untuk menguasai SEO


1.        Mengoptimasi halaman website (On-Page SEO)
Tujuan dari On-Page SEO : memudahkan pengunjung dalam melakukan eksplorasi sehingga pengunjung merasa betah di dalamnya.
Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kepuasan pengguna website :
a.      Konten dengan kualitas terbaik
b.     Keyword yang popular dan tepat sasaran
c.      Judul halaman yang mengundang klik
d.     URL yang singkat dan deskriptif
e.      Meta description yang deskriptif dan mengundang klik
f.        Gambar berkualitas tinggi dan berukuran optimal
g.     Outbound link, referensi berupa link ke website lain
h.     Internal link, untuk mempermudah navigasi
i.        Social sharing       
j.        Kecepatan website
2.        Riset kata kunci (Keyword research)
User melakukan pencarian di mesin pencari menggunakan kata kunci atau keyword, dan mesin akan memberikan hasil yang relevan dengan kata kunci tersebut.
3.    Menganalisa kompetisi
Untuk blog atau website baru yang pondasi SEO-nya belum kuat, ada kalanya kita perlu mengincar kata kunci yang kompetisinya rendah agar kita tetap bisa muncul di halaman pertama.
4.     Membuat konten yang teroptimasi
Content marketing adalah usaha-usaha pemasaran yang dilakukan dengan cara menyediakan konten yang bermanfaat untuk orang lain dengan tujuan agar mereka mengenal bisnis/usaha anda.
5. Membangun popularitas, link, dan reputasi (Off-Page SEO), adalah usaha-usaha optimasi mesin pencari dari luar website. Sebuah halaman website yang SEO On Page nya sudah bagus perlu didukung dengan optimasi dari luar website itu sendiri. Optimasi off page dilakukan dengan cara membangun links (backlinks) dari situs lain menuju website yang dioptimasi. Beberapa jenis links yang biasa dibangun untuk meningkatkan popularitas sebuah website di internet antara lain:
·         Links dari media sosial (Twitter, Facebook, Google+, Youtube, dan lain-lain)
·         Links dari web 2.0 properties (Blogspot, WordPress, Weebly, dan lain-lain)
·         Links dari forum online (Kaskus, Bersosial, Forum Detik, Forum Kompas, dan lain-lain)




Jenis Teknik SEO

Black Hat SEO
Black Hat SEO adalah suatu teknik optimasi SEO yang kotor, yang apabila dipergunakan akan mendapatkan hukuman yang fatal dari Google dan teknik black hat SEO ini juga sangat dibenci oleh Google. Karena melanggar TOS Google dan merupakan suatu teknik optimasi SEO yang curang, dan instan.

Dengan menggunakan teknik black hat SEO tentunya web / blog akan lebih cepat dan singkat mendapat posisi yang baik di Search Engine Result Page (SERP), dibandingkan jika menggunakan white hat SEO yang memerlukan waktu yang agak lama, tapi black hat SEO ini sangat beresiko. Jika kita menggunakan teknik black hat SEO ini dan ketahuan, maka blog / web yang bersangkutan akan di tendang oleh mesin pencari dari hasil pencarian. Akibatnya diantaranya adalah penurunan trafik, pagerank, dan masuk kedalam penjara Google.

White Hat  
White Hat SEO adalah suatu teknik optimasi SEO yang bersih, teknik optimasi SEO yang dianjurkan dan yang aman apabila digunakan.

Dengan menggunakan teknik white hat SEO, perlahan tapi pasti blog kita akan mendapatkan hasil yang memuaskan di hasil pencarian. Memang memerlukan waktu yang agak lama, serta kesabaran untuk mendapatkan hasil yang memuaskan dengan teknik white hat SEO ini namun cara inilah yang paling aman diabndingkan jika kita menggunakan teknik black hat SEO yang cepat, instan namun sangat beresiko.




Kelebihan SEO

Kelebihan dari SEO adalah pemilik website akan mendapatkan keuntungan tanpa mengeluarkan biaya promosi untuk melakukan pemasangan iklan dan lain sebagainya dan memerlukan biaya lebih murah.

Kekurangan SEO

Kekurangan SEO adalah bahwa SEO tidak menjamin sebuah website bisa berada di posisi terbaiknya sepanjang waktu. Website yang teroptimasi dengan SEO pasti akan mengalami perubahan posisi yaitu turun peringkat atau bahkan hilang sama sekali. Perubahan posisi terjadi di karenakan beberapa sebab seperti: bertambahnya jumlah persaingan, perubahan algorithm dari search engine, kesalahan dalam pengoptimasian dan faktor lainnya.



Sumber :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar